5 Tips Agar Sukses Dalam Interview Kerja

Melamar sebuah pekerjaan bisa dibilang proses yang susah-susah gampang. Salah satu proses yang bisa dibilang cukup sulit dan juga menentukan adalah "Interview".

Banyak perusahaan menggunakan proses interview untuk mengetahui kepribadian, mentalitas, dan motivasi para pelamar kerja. Tujuannya yaitu agar perusahaan mendapatkan SDM yang berkualitas tentunya.

Maka dari itu, pada beberapa perusahaan besar biasanya proses interview dilakukan lebih dari 1 kali.
Kembali ke topik pembahasan, kira-kira hal apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat proses interview berjalan lancar.

Berikut saya rangkum 5 tips yang bisa anda terapkan agar proses interview dapat berjalan dengan lancar.


1. Know Your Company

Penting bagi anda untuk mencari tahu informasi mengenai tempat anda melamar pekerjaan.
Tidak sedikit interviewer yang menanyakan pengetahuan anda mengenai perusahaan tempat anda melamar pekerjaan.

Ingat !, Kesan pertama itu penting.

Jika pertanyaan seperti ini saja tidak bisa dijawab dengan baik oleh anda, maka kesan tidak baik sudah anda dapatkan sejak awal.

Pastikan anda telah melakukan persiapan, jangan hanya modal nekat.


2. Perhatikan Penampilan

Hal yang tidak kalah penting adalah cara anda berpenampilan. Sesuaikan penampilan anda dengan tempat anda melamar pekerjaan.

Pergunakanlah pakaian formal seperti kemeja lengan panjang dan juga celana panjang bahan. Usahakan untuk tidak menggunakan warna-warna yang terlalu mencolok.

3. Kosentrasi

Konsentrasi sangat dibutuhkan ketika anda sedang menjalani interview. Dengarkanlah setiap pertanyaan yang diajukan oleh interviewer dengan penuh perhatian.

Pastikan anda benar-benar mengerti apa yang ditanyakan sebelum anda menjawab. Ingat ! Tidak perlu terburu-buru.

Tidur yang cukup dan sarapan pagi akan berguna untuk menjaga konsentrasi anda selama proses interview berlangsung, jadi, usahakan untuk tidur malam pada hari sebelumnya agar kondisi tubuh anda fit,

4. Santai Saja

Mungkin anda menganggap bahwa inteview adalah yang sangat serius, formal dan menegangkan.

Memang benar seperti itu adanya, tapi cobalah untuk membuat diri anda merasa santai dan nyaman, tapi tetap harus serius.

Ingat, santai bukan berarti tidak serius. Anda perlu merasa santai agar anda dapat berkonsentrasi dan berpikir dengan baik.

Jangan berpikir bahwa anda akan diterima atau tidak, tapi cobalah berpikir bahwa anda datang dengan penuh persiapan dan siap untuk melakukan yang terbaik.

Dengan begitu, anda bisa merasa sedikit lebih santai.

5. Jangan Lupa Bertanya

Perlu anda ketahui, bahwa tidak selamanya interview itu 1 arah (hanya anda yang ditanya dan hanya anda yang menjawab).

Nyatanya seringkali para interviewer memberikan kesempatan kepada anda untuk bertanya. Biasanya kesempatan ini diberikan kepada anda pada sesi-sesi terakhir pada saat proses interview sudah mau selesai.

Nah, manfaatkan momen ini untuk bertanya seputar profesi, lingkungan kerja, perkembangan perusahaan, dan lain-lain yang berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar.

Menurut pengalaman saya, ini bisa menjadi point plus tersendiri untuk anda.

Berikut diatas adalah 5 tips untuk kamu agar bisa sukses dalam interview kerja. Jika kamu ingin ikutan berbagi tips lainnya seputar interview kerja, yuk mari dituliskan pada kolom komentar dibawah.